Scroll to top

Trending : #serbuk#ekstrak#perawatan-tubuh #utuh#skincare#obat-herbal-terstandar

0

Keranjang Belanja

Gaya Hidup Pasca Lebaran

Minggu, 23 Mei 2021, 10:55:34 WIB / By Nurbaizura Putri

Gaya Hidup Pasca Lebaran

Keterangan Gambar : Halodoc.com


Setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, tibalah waktu yang ditunggu-tunggu bagi seluruh umat muslim yaitu lebaran Idul Fitri. Di hari yang Fitri ini biasanya kita melepaskan semua keinginan untuk bisa menikmati makanan yang ada dan sering kali tidak terkontrol sehingga bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Setelah hari yang Fitri ini berakhir, maka untuk mencegah timbulnya dampak negatif dari pola hidup yang salah selama lebaran ada beberapa tips yang dapat dilakukan yaitu :

1.  Makan yang sehat

Selama lebaran ketupat, opor, rendang, dan makanan berlemak lainnya merupakan menu santapan yang tidak terlewat untuk dinikmati. Namun jika konumsi lemak berlebih secara terus menerus dapat memicu penyakit berbahaya seperti kolesterol, Penyakit jantung koroner, dan lainnya. Oleh karena itu, kamu wajib membatasi konsumsi lemak yang berlebih dan mengontrol kembali takaran makanan seperti protein (20 hingga 30 gram), karbohidrat (40 hingga 75 gram) dan lemak sehat (6 hingga 25 gram) setiap makan.

2. Minum air putih yang cukup

Setiap harinya kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau 2 liter per hari. Konsumsi air putih ini dapat mencegah tubuh dehidrasi.

3.  Atur pola tidur yang sehat

Selama lebaran, kebanyakan dari kita memiliki pola tidur yang kurang baik. Waktu tidur malam yang dianjurkan adalah selama 8 jam, sering terjadi pola tidur kita berkurang di saat lebaran karena kita banyak menghabiskan waktu bersama kerabat terdekat. Untuk itu kita perlu mengatur kembali waktu tidur agar tidak menimbulkan dampat negatif bagi klesehatan. Dengan waktu tidur yang cukup, maka kesehatan tubuh juga akan lebih terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Lakukan olahraga

Selama lebaran kita sering melewatkan untuk berolahraga, melakukan olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah untuk kita terserang penyakit.

5. Konsumsi sayur dan buah-buahan

Selama lebaran kita sering mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan jarang konsumsi sayur dan buah padahal sayur dan buah merupakan makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Oleh karena itu agar kesehatan tubuh tetap terjaga maka jangan lupa untuk konumsi sayur dan buah-buahan.


Referensi :

https://akurat.co 


Silahkan Login untuk memberikan Komentar...